Faktor Penyebab Penyumbatan Tuba Falopi

Faktor Penyebab Penyumbatan Tuba Falopi,- Saluran tuba falopi yang tersumbat bisa menyebabkan adanya infeksi dan mengakibatkan sel telur tidak dapat bertemu dengan sperma, inilah mengapa wanita sulit hamil walaupun haid teratur setiap bulan. 

Pada tahapan kronik biasanya disertai pusing dan demam bahkan hingga nyeri kebagian punggung. Ini terjadi karena saluran tuba yang tersumbat disebabkan karena infeksi. Infeksi bisa menyebabkan tersumbatnya saluran tuba yang diakibatkan karena infeksi menular seksual seperti klamidia, gonore, herpes, CMV yang juga mempengaruhi. Kondisi infeksi diatas bisa menyebabkan pembentukan jaringan parut di saluran tuba sehingga menyumbat saluran tuba falopi sepenuhnya.


Penyebab paling umum dari infeksi adalah pertumbuhan dan penyebaran bakteri berbahaya seperti Streptococcus, Staphylococcus dan Mycoplasma yang tahap awalnya umumnya terbentuk di vagina dan perlahan-lahan menyebar ke atas menuju tuba fallopi melalui pembuluh limfatik.

Pada infeksi  tuba fallopi, saluran tuba menjadi bengkak dan meradang dengan mengeluarkan cairan dan terkadang dipenuhi oleh nanah sehingga menymbat tuba fallopi. Dalam kasus yang sangat jarang, tabung dapat pecah dan menyebabkan infeksi yang berbahaya yang disebut peritonitis dalam rongga perut.

Infeksi menular seksual seperti Klamidia, Gonore , Herpes, dll juga mempengaruhi. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di saluran tuba sehingga memblokir tabung sepenuhnya. Pembentukan nanah dalam ovarium juga dapat menyebabkan komplikasi seperti produksi ovum yang cacat sehingga menyebabkan infertilitas.

Penyebab lainnya seperti :
  • Infeksi setelah melahirkan.
  • Aborsi (keguguran).
  • Pemasangan alat kontrasepsi, misalnya IUD (intrauterine device).
  • Infeksi setelah menjalani pembedahan di daerah panggul, misalnya operasi kista indung telur dan usus buntu.
  • Endometriosis yang parah.
  • Tuberkulosis.
Itulah demikian artikel mengenai faktor penyebab penyumbatan tuba falopi. Semoga dapat bermanfaat bagi anda pembaca semuanya.


0 Response to "Faktor Penyebab Penyumbatan Tuba Falopi"

Posting Komentar



Keunggulan Berbelanja di Tempat Kami:


✒️ 100% TERJAMINNYA Kualitas dan Keaslian Produk
✒️ Nikmati Pelayanan TRANSFER PEMBAYARAN SETELAH OBAT DITERIMA (syarat dan ketentuan berlaku)
✒️ Bisa konsultasi GRATIS
✒️ GARANSI UANG KEMBALI jika Obat tidak dikirim, dan GANTI BARANG BARU jika kemasan rusak.
✒️ Belanja Mudah, Murah, Bebas Macet & PRIVACY Anda pun terjaga !