Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak

Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak,- Mata merah karena alergi bisa disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu seperti telur, susu, daging, dll. Bisa juga akibat bulu hewan peliharaan, debu/tungau, atau cuaca dingin akibat AC atau minuman/makanan dingin. Pernah mendengar ada anak yang setiap masuk ruangan berpendingin langsung merah matanya? 
Dr. Florence menjelaskan bahwa mata merah di ruangan ber AC adalah jenis alergi dingin. Selain tanda-tanda alergi di mata, bisa disertai  juga dengan sering bersin, dan atau menderita sinusitis atau asma.

Nah, yang harus Anda lakukan bila anak mengalami mata merah akibat alergi adalah dengan mengatasi penyebab alerginya. Karena penyebab alergi sangat banyak, maka untuk menghindari seringnya kambuh, anak dianjurkan untuk memeriksa jenis alerginya di laboratorium. Mata alergi yang sedang kambuh ditandai dengan mata yang tampak bengkak dan sayu, sehingga dianjurkan untuk melakukan kompres dingin (cold compress).

12 Penyebab Mata Pedih, Merah, dan Cara Mengatasinya Salah satu gangguan atau keluhan pada mata yang tergolong sering adalah mata pedih dan merah, terasa seperti terbakar. Tentu ini merupakan kondisi yang tidak menyenangkan dan berpotensi mengganggu aktifitas sehari-hari, bahkan tidak hanya itu saja gejala yang muncul, karena biasanya mata merah dan pedih disertai juga dengan keluarnya air mata, penglihatan kabur, bahkan sakit kepala. duh! Apa penyebab mata pedih dan merah serta bagaimana mengatasinya? Ada banyak kemungkinan penyebab kenapa mata menjadi terasa pedih dan merah mulai dari hal-hal sederhana seperti kelilipan atau terkena debu, asap, atau kurang tidur di malam hari. Di samping itu, ada juga penyebab yang lebih berbahaya seperti infeksi yang bahkan hal ini sering terjadi, terutama jika mata pedih, merah, dan banyaknya produksi kotoran mata.

Penyebab Mata Merah dan Pedih 

  • Infeksi Mata 
Gejala sakit mata yang terdiri dari banyaknya kotoran mata, gatal-gatal dan rasa pedih atau terbakar pada mata biasanya disebabkan oleh infeksi mata baik oleh virus ataupun bakteri. Kondisi ini disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis atau sakit mata adalah salah satu infeksi mata yang paling umum, yang diserang adalah konjungtiva, yakni selaput tipis yang menyelimuti bola mata dan kelopak mata. Gejala khas dari konjungtivitis adalah mata berair, gatal-gatal, dan biasanya akan terbentuk banyak kotoran mata yang sering terlihat pada bulu mata dan sudut mata. Blepharitis atau peradangan pada kelopak mata juga merupakan salah satu penyebab mata pedih, merah dan gatal. Disamping itu terdapat pula mata bengkak, juga terkadang terlihat adanya sisik-sisik atau ketombe pada bulu mata.
  • Benda Asing 
Mata berair, merah, pedih, dan gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk ke mata. Benda asing yang mungkin menyebabkan gejala-gejala ini antara lain: Serbuk bumbu Debu Pasir Serangga Serbuk sari
  • Cedera Mata 
Cedera pada setiap bagian mata yang terjadi saat bekerja, bermain, atau berolahraga juga dapat menyebabkan mata berair dan pedih. Ini adalah alasan mengapa memakai kacamata pelindung dianggap sangat penting ketika melakukan kegiatan tersebut. Kuku yang tajam juga dapat mengakibatkan cedera mata jika mengucek mata dengannya atau pada saat memakai lensa kontak.
  • Mata Kering 
Mata kering adalah suatu kondisi di mana air mata gagal diproduksi, padahal air mata ini sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban mata. Ada sejumlah penyebab air mata menjadi kering. Misalnya, Gejala-gejala mata kering umumnya dialami ketika Anda berada di ruang ber-AC, di depan layar komputer dalam waktu lama, selama 2-3 jam, perjalanan menggunakan pesawat atau sering bersepeda.

Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak

Rajin mencuci tangan. Jangan menyentuh mata yang belum terkena. Resep antibiotik dalam bentuk tetes mata sering merupakan pilihan pengobatan untuk infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri. Dokter mungkin meresepkan antibiotik oral juga jika tetes mata tidak cukup untuk melawan bakteri penyebab infeksi mata. Infeksi mata yang disebabkan oleh virus tidak perlu menggunakan obat khusus. Karena biasanya akan sembuh sendiri dalam jangka waktu dua sampai tiga minggu. Peradangan pada mata dan terasa gatal dapat dikurangi dengan menggunakan obat tetes mata steroid. Ulkus atau tukak yang terbentuk pada mata karena kerusakan yang disebabkan oleh infeksi juga dapat diobati dengan sangat efektif dengan obat tetes mata ini.

Baca Juga : 


Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak

b

0 Response to "Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak"

Posting Komentar