Penyebab, Gejala dan Pengobatan Linu Pinggul Pada Ibu Hamil



Penyebab, Gejala dan Pengobatan Linu Pinggul Pada Ibu Hamil,-  Linu panggul, juga dikenal sebagai sindrom radikuler lumbosakral, disebabkan oleh iritasi saraf siatik Anda yang dimulai di lumbal atau tulang punggung bagian bawah dan berakhir di paha. Dengan sciatica Anda mungkin memiliki rasa sakit di bokong dan pinggul yang melakukan perjalanan ke paha Anda. 
Ini bisa menjadi mendalam, kusam rasa sakit atau penembakan, nyeri yang tajam. Nyeri siatik dapat berkisar dari ringan sampai berat. Ini sering hilang dengan pengobatan.


Fakta Lengkap


  • Antara 50 dan 80 persen wanita hamil mengalami sakit punggung.
  • Perawatan sciatica umum termasuk pijat prenatal, perawatan chiropractic, dan perawatan diri seperti peregangan.
  • Duduk atau berdiri untuk waktu yang lama dapat berkontribusi untuk nyeri, sehingga beralih posisi Anda sepanjang hari dapat membantu.


Penyebab linu panggul selama kehamilan

nyeri skiatik biasanya disebabkan oleh masalah tulang belakang lumbar, seperti menggembung atau herniated disc. Hal ini juga dapat disebabkan oleh perubahan tulang, seperti penyempitan tulang belakang atau stenosis, osteoarthritis atau penyakit cakram degeneratif, atau kondisi lain yang mempengaruhi tulang belakang disebut spondylolisthesis. Situasi ini dapat memberikan tekanan pada saraf sciatic, menyebabkan gejala.

Sciatica karena herniated disc selama kehamilan tidak umum. Tapi, gejala siatik-seperti yang umum dengan nyeri punggung bawah pada kehamilan. Bahkan, antara 50 dan 80 persen wanita memiliki sakit punggung selama kehamilan mereka.

Gejala siatik juga dapat disebabkan oleh ketegangan otot dan sendi tidak stabil. Panggul nyeri tulang, sacroiliac (SI) masalah bersama, dan kondisi yang disebut sindrom piriformis, yang merupakan masalah dengan salah satu otot di bagian bokong, adalah penyebab umum nyeri siatik selama kehamilan. Hal ini disebabkan peningkatan hormon kehamilan seperti relaxin, yang dapat menyebabkan ligamen Anda, struktur yang melekati tulang sendi, untuk melonggarkan dan meregangkan, terutama di daerah panggul Anda.

Berat bayi Anda juga dapat menambah Si masalah sendi atau sindrom piriformis karena menempatkan tekanan ekstra pada panggul dan sendi pinggul. Kadang-kadang posisi bayi Anda dapat menambah tekanan pada saraf siatik Anda.

Gejala nyeri siatik selama kehamilan
Gejala nyeri siatik meliputi:

  • sesekali nyeri atau konstan di satu sisi bokong atau kaki
  • nyeri di sepanjang jalur saraf sciatic, dari pantat ke belakang paha Anda dan kaki
  • tajam, menembak, atau nyeri terbakar
  • mati rasa, kesemutan, atau kelemahan di kaki atau kaki yang terkena dampak
  • kesulitan berjalan, berdiri, atau duduk
  • Selalu hubungi dokter Anda jika Anda prihatin tentang rasa sakit.
ara untuk menghilangkan rasa sakit linu panggul
Pengobatan untuk nyeri siatik selama kehamilan termasuk pijat, perawatan chiropractic, dan terapi fisik. Self-pengobatan nyeri siatik selama kehamilan meliputi latihan untuk membantu meregangkan otot-otot kaki, bokong, dan pinggul untuk mengurangi tekanan pada saraf sciatic. Beberapa orang juga menemukan latihan nonweight-bearing, seperti berenang, untuk membantu. Hal ini karena air membantu untuk mendukung berat bayi Anda.

Coba lima peregangan ini untuk membantu meringankan rasa sakit siatik dan ketidaknyamanan selama kehamilan Anda.

1. Piriformis Duduk meregangkan

Piriformis otot jauh di dalam pantat. Ketika ketat, dapat mengiritasi saraf sciatic. Peregangan ini akan membantu meringankan sesak di otot. Hal ini dapat membantu mengurangi nyeri siatik.

Peralatan yang dibutuhkan: tidak ada

Menargetkan otot: piriformis

  • Duduk di kursi dengan kaki Anda rata di atas tanah.
  • Jika sisi kiri Anda terpengaruh, menempatkan pergelangan kaki kiri Anda di lutut kanan.
  • Menjaga punggung lurus, bersandar ke depan sampai Anda merasakan peregangan melalui bokong Anda.
  • Tahan selama 30 detik. Ulangi sepanjang hari.
2. Tabel stretch

Ini terasa besar selama kehamilan. Ini membantu meregangkan otot-otot punggung, pantat, dan bagian belakang kaki. 

Peralatan yang dibutuhkan: table

otot Target: rendah kembali, stabilisator tulang belakang, paha belakang

  • Berdiri menghadap meja dengan kaki Anda sedikit lebih lebar dari pinggul Anda.
  • Bersandar ke depan dengan tangan Anda di atas meja. Jaga lengan Anda lurus dan punggung datar.
  • Tarik pinggul Anda jauh dari meja sampai Anda merasakan peregangan yang bagus di punggung bawah dan belakang kaki. 
  • Anda juga dapat memindahkan sisi pinggul Anda ke sisi untuk meningkatkan regangan di punggung bawah dan pinggul.
  • Tahan posisi ini selama 30 detik sampai 1 menit. Ulangi dua kali sehari.
3. Pigeon Pose

Linu panggul
Pose yoga yang populer ini membantu mengurangi rasa sakit skiatik-seperti selama kehamilan. Dengan beberapa perubahan kecil, dapat dipraktekkan nyaman saat hamil.

Peralatan yang dibutuhkan: digulung handuk atau blok yoga

otot Target: Rotator pinggul dan fleksor  

  • Dapatkan di tangan Anda dan lutut di lantai. 
  • Geser lutut kanan ke depan sehingga antara tangan Anda.
  • Geser kaki kiri Anda kembali, menjaga kaki Anda di lantai.
  • Tempatkan gulungan handuk atau blok yoga di bawah pinggul kanan. Ini akan membuat peregangan lebih mudah dan memungkinkan ruang untuk perut Anda. 
  • Bersandar ke depan atas kaki kanan. Perlahan-lahan menurunkan diri ke tanah, menempatkan bantal di bawah kepala Anda dan senjata untuk dukungan. 
  • Tahan selama 1 menit. Ulangi di sisi lain. Ulangi beberapa kali sepanjang hari.
4. Hip flexor stretch

Linu panggul
Fleksor pinggul adalah otot di sepanjang bagian depan pinggul yang membantu menggerakkan kaki ke depan selama gerakan seperti berjalan. Banyak wanita memiliki fleksor pinggul ketat selama kehamilan. Hal ini dapat mempengaruhi keselarasan panggul dan postur, menyebabkan rasa sakit.

Peralatan yang dibutuhkan: tidak ada

otot Target: fleksor pinggul

  • Berlutut di lantai di tangan Anda dan lutut. 
  • Langkah satu kaki di depan Anda sehingga pinggul dan lutut berada pada sudut 90 derajat. 
  • Menggeser berat badan Anda ke depan sampai Anda merasakan peregangan di bagian depan pinggul punggung dan kaki.
  • Tahan selama 30 detik, kemudian ulangi pada sisi lain.
Itulah artikel yang dapat kami berikan semoga dapat bermanfat untuk anda. Berikut dibawah ini kami rekomendasikan pengobatan yang tepat bagi ibu hamil.


0 Response to "Penyebab, Gejala dan Pengobatan Linu Pinggul Pada Ibu Hamil"

Posting Komentar